Tingkatkan Semangat Jaga Jati Diri Bangsa Melalui Penghargaan Seniman dan Budayawan

Seniman, budayawan, pelestari adat dan tradisi, pelestari cagar budaya merupakan orang orang yang memiliki andil dan jasa dalam menjaga dan merawat jati diri bangsa. Jati diri bangsa adalah sesuatu yang tak akan terbeli oleh siapapun dan dengan berapapun nilainya. Menyambungkan, mewariskan sesuatu yang tak ternilai bagi bangsa adalah sesuatu yang sangat layak untuk dihormati, dihargai.

 

Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul melalui Bidang Adat, Tradisi, Lembaga Budaya dan Seni menyelenggarakan kegiatan Penghargaan kepada Seniman dan Budayawan yang tersebar di Kabupaten Bantul. Acara ini dilaksanakan pada hari Selasa (29/11/22) bertempat di Hotel Ros In. 

 

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada para seniman dan budayawan yang telah memperjuangkan dan merawat kebudayaan khususnya di Bantul. Adapun seniman dan budayawan yang menerima Penghargaan Seniman dan Budayawan Tahun 2022, yaitu :

 

Seniman/Budayawan

  1. Fajar Suharno Seniman Seni Deklamasi, Seni Peran Film, Seni Penyutradaraan Teater.
  2. Wasis, S.Sn Seniman Seni Tari, Seni Jathilan.
  3. Rini Widyastuti Seniman Seni Tari, Ketoprak, Campursari, Pelatih Ketoprak, Penata Busana, Dagelan Mataram, Organ Tunggal/Campusari Mini.
  4. Sri Mulyono, S.Sn (Mas Lurah Cermo Kartiko) Seniman Pedalangan.
  5. Dwi Sujadmi Seniman Sindhen, Karawitan, Kethoprak, Mengajar Karawitan di sekolah dasar.

 

Pelestari Adat/Tradisi

  1. Wiwitan Bersama  Upacara Adat Tradisi Sungapan Dukuh, Argodadi, Sedayu, Bantul
  2. Wiwitan Upacara Adat Tradisi Donotirto, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.
  3. Kuras Sendhang Angin-angin Upacara Adat Tradisi Guwo, Triwidadi, pajangan, Bantul.
  4. Jamasan Sela Gilang Lipura Upacara Adat Tradisi Bantulan, Kauman, Gilangharjo, Pandak, Bantul.
  5. Grebeg Bakda Upacara Adat Tradisi Mangiran, Mangiran, Trimurti, Srandakan, Bantul.

 

Pelestari Cagar Budaya

  1. Rumah Tradisional Jawa Eks Kantor Kalurahan Mojohuro, Bangunan Cagar Budaya Mojohuro RT01, Sriharjo,  Imogiri, Bantul
  2. Rumah Tradisional Jawa Eks Kantor Kalurahan Pertama Karangtengah, Bangunan Cagar Budaya Padukuhan Karangtengah, Kalurahan Karangtengah, Kapanewon Imogiri, Bantul
  3. Rumah Tradisional Jawa Eks Kantor Kalurahan Blawong, Bangunan Cagar Budaya Pedukuhan Bulu, Kalurahan Trimulyo Bulu, Rt 02 Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Jetis, Bantul.
  4. Rumah Tradisional Jawa Eks Kantor Kalurahan Kedungmiri, Bangunan Cagar Budaya Ngunut, Padukuhan Kedungmiri Rt 01, Kalurahan Sriharjo,Kapanewon Imogiri, Bantul.
  5. Bangunan SD Kanisius Ganjuran, Struktur Cagar Budaya Jogodayoh, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul.