Sosialisasi Pelestarian Warisan Budaya dan Cagar Budaya

Selasa (22/03/22), Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan sosialisasi pelestarian warisan budaya dan cagar budaya yang diikuti oleh 60 peserta dari organisasi perangkat daerah dan Kapanewon di Kabupaten Bantul. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Ros In bertujuan untuk meningkatkan pelestarian Warisan budaya dan Cagar Budaya diantara OPD dan Kapanewon kabupaten Bantul.

Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya mempercepat penanganan pelestarian pengembangan pemanfaatan Warisan Budaya Cagar Budaya dengan tujuan agar situs tersebut dapat berada pada posisi yang sebenarnya hingga dapat dikembangkan, sebagai obyek pendidikan, sebagai penanda atau jati diri lokal, maupun sebagai obyek wisata budaya.

Untuk melestarikan kekayaan budaya berupa Warisan Budaya dan Cagar Budaya, baik benda maupun tak benda, menetapkan Cagar Budaya di Kabupaten Bantul, mengenalkan situs bersejarah di Kabupaten Bantul kepada masyarakat sekaligus mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam melestarikan warisan budaya cagar budaya yang dimiliki sebagai kearifan lokal dan dapat menarik minat kunjung wisatawan ke Kabupaten Bantul.

Turut hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyanto, S. Sos, MM, Tim Ahli Cagar Budaya, Drs. Wahyu Indrasana, dan Arkeolog, Septi Indrawati Kusumaningsih, S.S.