Sosialisasi Cagar Budaya dan Warisan Budaya

Pada hari Selasa (14/06/2022), Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul melalui Bidang Warisan Budaya menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Cagar Budaya dan Warisan Budaya. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Ros In dan dihadiri oleh 60 peserta yang merupakan pemilik/pengelola serta juru pelihara Cagar Budaya Kabupaten Bantul.

Kegiatan sosialisasi yang bertepatan dengan hari purbakala ke-109 kali ini, mengusung tema "Aspek Pelestarian dan Pemanfaatan Warisan Budaya dan Cagar Budaya Kabupaten Bantul". Pada kesempatan ini, narasumber memaparkan bahwa hakikatnya kekayaan warisan budaya dan cagar budaya dari suatu daerah dapat menjadi modal utama untuk menyejahterakan masyarakat. Pemerintah melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul juga telah menetapkan Cagar Budaya dan memberikan penghargaan terhadap Warisan Budaya/Cagar Budaya. Sehingga pemilik atau yang menguasainya dapat turut melakukan upaya pelestarian dengan cara mencegah dan menanggulangi dari kerusakan, kehancuran atau kemusnahan.

Turut hadir sebagai narasumber Drs. Wahyu Indrasana (Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Bantul), Rully Andriadi, S.S. (Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Warisan Budaya Dinas Kebudayaan DIY) dan Ir. Yuwono Sri Suwito, MM. (Tim Ahli Cagar Budaya DIY). [els]