Mengaktualisasikan Nilai Budaya Melalui Festival Dalang Anak dan Remaja 2022

Akhir –akhir ini nilai-nilai luhur yang ada di DIY cenderung mengalami degradasi, hal ini disebabkan karena minimnya upaya pengkajian dan pewarisan kepada generasi muda. Banyak akibat yang terjadi karena lunturnya nilai – nilai luhur ditengah – tengah masyarakat. Seperti kurangya rasa tepa selira, kurangnya semangat gotong royong, kurangnya rasa asih asuh terhadap sesama.

Dengan latar belakang tersebut, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul, melalui Bidang Adat Tradisi, Lembaga Budaya dan Seni, menggelar Festival Dalang Anak dan Remaja. Festival ini diselenggarakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 26 - 27 November 2022 bertempat di Pendopo Manggala Parasamya II Pemda Bantul. 

Dalang Anak dan Remaja serta Organisasi Pedalangan, baik dari tingkat SD, SMP, SMA, berpartisipasi aktif dalam Festival ini. Dari keputusan dewan juri, ditetapkan para juara Festival Dalang Anak dan Remaja Tahun 2022, sebagai berikut :

 

Dalang Anak

NoKejuaraaanNama
1JUARA iAlbertus Kalis
2JUARA IIVhiko Saptu Fitanta
3JUARA IIISatria Nahowira Purnama Aji
4JUARA HARAPAN IAnggara Pradipta Raehan Soesoko
5JUARA HARAPAN IIR Nurwaskita Cahyo B

Dalang Remaja

NoKejuaraaanNama
1JUARA iBagas Nursatwika
2JUARA IIRaka Wresniwira Purnomo Aji
3JUARA IIIRagil Jalu Pangestu
4JUARA HARAPAN IGanis Naluri Putri S
5JUARA HARAPAN IIJanuar Saputro 

Nantinya, masing-masing juara pertama akan dikirimkan Fetival Dalang Anak dan Remaja ke Tingkat DIY. Selamat kepada para juara!