Bantul Museum Expo 2022 : Pustaka Raya, Pengetahuan Tak Terbatas

Dalam rangka memperingati Satu Dasawarsa Undang-Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Hari Ulang Tahun ke-4 Forum Komunikasi Museum Bantul serta Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, kali pertama, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul menyelenggarakan Bantul Museum Expo.

Dengan mengusung tema "Pustaka Raya", gelaran ini dilaksanakan di The Ratan, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul dan berlangsung selama 3 hari, 20 - 22 Agustus 2022.

Pada hari pertama (Sabtu, 20/08/22), dilaksanakan acara pembukaan Bantul Museum Expo Pustaka Raya 2022 secara luring terbatas. Acara ini dibuka oleh Bupati Bantul atau yang mewakili, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Didik Warsito, M.Si. Acara dilanjutkan dengan prosesi "Kedhuk Tumpeng".

Dihari kedua (Minggu, 21/08/22), dilaksanakan dialog permuseuman secara luring terbatas dan disiarkan langsung di kanal youtube Dinas Kebudayaan Bantul. Turut hadir sebagai narasumber :
1. Prof.Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra, M.A., M.Phil dengan materi Museum (bagian dari budaya) sebagai media untuk mendukung
keistimewaan DIY
2. Dr. Mikke Susanto, S.Sn., M.A. dengan materi Koleksi Museum sebagai Ide Pameran Temporer
3. Bambang Widodo, S.Pd., M.Pd. dengan materi Museum dan Perkembangannya di DIY
4. Dr. Ayu Helena Cornellia, B.A., M.Si. dengan materi Strategi Pemasaran Museum di Era Digital

Dihari ketiga sekaligus hari penutupan (Senin, 22/08/22), ditutup oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul atau yang mewakili, Sekretaris Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul, Drs. Fauzan Mu'arifin. Acara dilanjutkan dengan penyerahan doorprize dan foto bersama anggota Forum Komunikasi Museum Bantul.