Berita

PAGELARAN WAYANG KULIT "SEMAR BOYONG"

Senin Wage, 5 Maret 2018 12:46 WIB 547

foto


Dinas Kebudayaan Kab. Bantul mengadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon " Semar Boyong " pada Jumat 2 Maret 2018. Gelaran ini dilaksanakan sebagai ungkapan syukur telah menempati gedung/kantor baru di Komplek II Pemda Manding. Pagelaran ini diampu oleh Dalang Ki Seno Nugroho dengan bintang tamu Yu Beruk dan Sugeng Iwak Bandeng.

" Semar Boyong " menceritakan bahwa Ki Lurah Semar sedang berduka karena ditinggal pergi istrinya-Dewi Kanestren- tanpa diketahui kemana perginya. Maka ia dan anak-anaknya tidak sowan ke Amarta menjalankan tugas sebagai abdi para ksatria Pandawa. Bersamaan dengan itu Ki Lurah Semar kedatangan tamu Begawan Drona yang tidak lain adalah utusan Raja Duryudana dari Hastina. Maksud kedatangannya untuk memboyong Semar ke Hastina sebagai syarat ketentraman negara Hastina yang sedang dilanda malapetaka. Selain itu juga ada utusan dari Amarta yang membujuk Semar untuk segera menghadap ke Amarta dan menjalankan tugasnya kembali sebagai pamomong seperti sediakala. Ada lagi utusan dari Negara Poncowati yang menginginkan Semar untuk menjadi pengayom agar Negara Poncowati menjadi tentram.

Karena ada lebih dari satu yang menginginkannya, Semar mengadakan sayembara, siapa yang bisa mempersembahkan Sekar Pudhak Tunjung Biru dialah yang akan dijadikan tuannya. Ketiga utusanpun segera bergegas mencari dimana keberadaan Sekar Pudhak Tanjung Biru. Singkat cerita, dari ketiga utusan tersebut hanya satu yang berhasil mempersembahkan Sekar Pudhak Tanjung Biru yaitu Raden Arjuna utusan Pandawa. Setelah Sekar Pudhak Tanjung Biru dipegang oleh Semar berubahlah bunga itu menjadi wanita yang sangat cantik yang ternyata seorang bidadari dari kahyangan bernama Dewi Kanestren yang ternyata adalah istri Semar. Karena Raden Arjuna telah berhasil mengembalikan istri Semar, iapun berjanji akan kembali ke Amarta sebagai pamomong para ksatria Pandawa seperti semula


Pengunjung
  • Pengunjung: 49250
  • Online: 7
  • Hari ini: 50