Berita

SAPARAN SOKOWATEN, PLUMBON,BANGUNTAPAN

Selasa Legi, 7 November 2017 10:14 WIB 297

foto

Sebuah agenda budaya dilaksanakan oleh warga Sokowaten, Plumbon, Banguntapan, Bantul. Agenda itu adalah Saparan Sokowaten. Agenda budaya ini sudah menjadi tradisi yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Kapan itu dilaksanakan? Patokan pelaksanaannya adalah Hari Sabtu yang terdekat dari tanggal 20 Sapar. Tradisi saparan, tahun ini dilaksnakan pada Sabtu, 4 November 2017.

Apa saja kegiatannya? Tahun ini kaum muda dilibatkan untuk melaksanakan tradisi ini. Kegiatan yang dilaksanakan adalah anjangsana kepada para sesepuh kampung, pembuatan mural, kirab budaya, kenduri budaya, dan pentas seni. Kirab Budaya dilaksanakan pada Sabtu, 4 November 2017 diikuti oleh bregodo Banguntopo, baik bregodo kakung maupun putri, warga lingkungan, drumband SD Sokowaten, dan asrama dan instansi pendidikan yang ada di seputaran Dusun Plumbon. Sore harinya dilanjutkan dengan kenduri budaya.

Apa yang unik dari kenduri budaya ini? kaum muda dan ibu-ibu dilibatkan dalam kenduri ini. Sebagai lambang kebhinekaan, pada saat kenduri budaya ini, dilaksanakan doa lintas agama Islam, Katolik, Kristen, dan Hindu.  Selesai kenduri budaya, rangkaian upacara tradisi  ini ditutup dengan pentas seni yang sekaligus memperingati Sumpah Pemuda.


Dinas Kebudayaan

igdisbud

fbdisbud

twdisbud

Pengunjung
  • Pengunjung: 79445
  • Online: 7
  • Hari ini: 84