Berita

Kunjung Museum 2017

Rabu Kliwon, 27 September 2017 11:01 WIB 257

foto
Peserta Kunjung Museum 2017 berpose bersama di halaman Museum Soeharto (Foto: Dokumentasi Disbud Bantul)

Pada hari Selasa tanggal 26 September 2017 kemarin, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul berkoordinasi dengan Disdikpora Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan Kunjung Museum Tahun 2017. Kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan potensi museum di Bantul tersebut mengajak perwakilan pelajar dari tiga SMP yaitu SMPN 1 Bantul, SMPN 1 Pajangan dan SMPN 1 Pleret untuk mengunjungi beberapa museum yang terletak di wilayah Kabupaten Bantul. Adapun tiga museum yang dikunjungi pada kesempatan tersebut adalah Museum Soeharto, Taman Tino Sidin, dan Museum Geospasial.

Setelah sebelumnya berkumpul di Kantor Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, rombongan peserta Kunjung Museum bergerak menuju lokasi kunjungan pertama yaitu Museum Soeharto. Museum tersebut terletak di Dusun Kemusuk, Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu. Disana mereka dapat melihat riwayat dan sepak terjang tokoh HM Soehato, mantan presiden ke-2 Republik Indonesia yang masa kecilnya banyak dihabiskan di daerah tersebut.

Puas berkeliling di Museum Soeharto, rombongan berpindah menuju Taman Tino Sidin, yang memamerkan memorabilia dan karya-karya dari sosok seniman legendaris Tino Sidin. Museum tersebut terletak di Dukuh Kadipiro, Kelurahan Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan. Selain mengelilingi ruang-ruang display museum, para peserta juga diajak untuk menggambar bersama dengan mengikuti video instruksi dari sang seniman.

Destinasi terakhir para peserta Kunjung Museum adalah Museum Geospasial, yang terletak di Dusun Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek. Setelah disuguhi tayangan mengenai potensi ekowisata di wilayah pesisir Parangtritis, mereka juga dipandu berkeliling museum dan di akhir kunjungan para peserta diajak untuk mendaki salah satu gumuk pasir (sand dune) yang terletak di area Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis. Di sana, banyak di antara para peserta yang nampak antusias mencoba kegiatan sandboarding, yaitu meluncur dari puncak gumuk pasir dengan menggunakan papan.

Diharapkan, kegiatan Kunjung Museum dapat kembali dilaksanakan di tahun-tahun mendatang dengan menggandeng perwakilan dari sekolah-sekolah lain di Kabupaten Bantul, sehingga tujuan mulia untuk memperkenalkan museum kepada para pelajar dapat terlaksana secara merata.


Dinas Kebudayaan

igdisbud

fbdisbud

twdisbud

Pengunjung
  • Pengunjung: 63962
  • Online: 12
  • Hari ini: 98