Berita

Lawatan Sejarah ke Sangiran 2017

Selasa Legi, 29 Agustus 2017 12:23 WIB 208

foto
Peserta Lawatan Sejarah ke Sangiran 2017 berfoto bersama di depan patung manusia purba (Foto: Dokumentasi Disbud Bantul)

Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul menyelenggarakan Lawatan Sejarah ke Sangiran pada hari Rabu, tanggal 9 Agustus 2017. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan situs sejarah masa lampau kepada pelajar. Pada kesempatan kali ini, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Disdikpora Kabupaten Bantul menggandeng perwakilan pelajar dari tiga Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul, yaitu SMPN 1 Jetis, SMPN 2 Sanden, dan SMPN 4 Pandak. 

Dalam kegiatan tersebut, para siswa diajak untuk mengunjungi Museum Kluster Krikilan di Situs Manusia Purba Sangiran. Setelah mendengarkan pemaparan dari pegawai Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, peserta lawatan juga diajak untuk berkunjung ke laboratorium konservasi dan berkeliling di area display museum.

Selama kegiatan berlangsung, para siswa mendapat tugas untuk membuat tulisan singkat mengenai objek museum yang menurut mereka paling menarik. Sebagian merasa tertarik dengan kegiatan konservasi di laboratorium, sedangkan yang lain memilih beragam objek lain seperti perahu Austronesia dan gading gajah purba. Ada pula yang memiliki pemikiran yang lebih luas dan terbuka, seperti yang dituliskan oleh Galuh Fitriana, siswi SMPN 4 Pandak:

"... yang paling menarik adalah Objek Pamer 3 karena ada masa perubahan dari manusia purba ke manusia modern, berarti disitu mengandung makna bahwa mereka bisa berkembang menjadi lebih baik, dengan kata lain ada kemampuan untuk berubah menjadi lebih baik. Menjadi manusia berarti harus belajar, kreatif, dan tidak mengulangi kesalahan yang sama."


Dinas Kebudayaan

igdisbud

fbdisbud

twdisbud

Pengunjung
  • Pengunjung: 63979
  • Online: 14
  • Hari ini: 115