Berita

Lestarikan Pewara Tradisional Jawa, Kegiatan Pawiyatan Pranatacara Diselenggarakan di Sembilan Rintisan Desa Budaya

Rabu Wage, 2 Juni 2021 13:43 WIB 15

foto

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul melalui Bidang Sejarah Bahasa dan Sastra menyelenggarakan kegiatan Pawiyatan Pranatacara yang berlangsung sepuluh hari dimasing-masing tempat pada hari Selasa (1/3) hingga pada Rabu (31/3). Kegiatan ini diikuti oleh sembilan Rintisan Desa Budaya, diantaranya : Gadingsari Sanden, Parangtritis Kretek, Girirejo Imogiri, Sriharjo Imogiri, Munthuk Dlingo, Srimulyo Piyungan, Tamantirto Kasihan, Argodadi Sedayu dan Sendangsari Pajangan.

Pranatacara dalam Bahasa Indonesia disebut dengan pewara, yaitu yang bertugas untuk membawakan acara dalam suatu upacara, pertemuan dan sebagainya. Kegiatan Pawiyatan Pranatacara tahun ini bekerjasama dengan Paguyuban Pranatacara Yogyakarta Cabang Bantul. Rangkaian acara yang disajikan yaitu : sangune pranatacara, tata Bahasa pranatacara, ngadi busana, upacara adat penganten, pranatacara manten, pamedhar sabda, pranatacara protokol kedinasan, pranatacara pengajian, pranatacara sripah, pranatacara kegiatan muda-mudi, sinergitas pranatacara serta ditutup dengan evaluasi oleh tim juri.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa dan sastra terutama dalam bidang pranatacara, menunjan fasilitasi pembentukan Desa Budaya di Sembilan RIntisan Desa Budaya, meningkatkan kemampuan atau kualitas calon pelaku pranatacara, dan mengembangkan profesi pranatacara sebagai sarana untuk mencari pendapatan di masyarakat.