Berita

Dukung Penetapan Yogyakarta Sebagai World Heritage City, TACB Kabupaten Bantul Kaji Kawasan Penyangga Makam Raja-Raja Imogiri

Jumat Kliwon, 5 Maret 2021 10:58 WIB 77

foto

Daerah Istimewa Yogyakarta pada saat ini sedang mengajukan proposal untuk penetapan Yogyakarta sebagai World Heritage City ke UNESCO. Proposal yang dimaksudkan adalah terkait keistimewaan Yogyakarta dengan adanya sumbu filosofi yang memberikan pemaknaan kepada filosofi Sangkan Paraning Dumadi dimana manusia itu ada dan dimana manusia itu akan tiada.
Di Kabupaten Bantul konsep Sangkan Paraning Dumadi berada pada Kawasan Panggung Krapyak sebagai Sangkaning Dumadi dan Makam Raja-Raja Imogiri sebagai simbol Paraning Dumadi.
Untuk mendukung proposal tersebut Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul bersama Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Bantul melaksanakan pengkajian terhadap kawasan prioritas yaitu Panggung Krapyak dan Makam Raja-Raja Imogiri. Survei Tim Ahli Cagar Budaya dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 3 Maret 2021 meliputi Kawasan Masjid Makam Raja-Raja Imogiri dan kawasan pendukung sekitarnya antara lain Makam Banyusumurup, Masjid banyusumurup.
Proyeksi kedepan apabila objek-objek tersebut bisa ditetapkan sebagai cagar budaya maka bukan hal yang mustahil apabila Kawasan Makam Raja-Raja Imogiri akan menjadi kawasan cagar budaya dan pendukung Yogyakarta sebagai World Heritage City di UNESCO.