Berita

Peluncuran Antologi Sastra Jawa serta Ulang Tahun Paguyuban Paramarta Ketiga

Senin Wage, 18 Januari 2021 14:21 WIB 55

foto

Paguyuban Paramarta adalah paguyuban yang mewadahi sastrawan jawa di Kabupaten Bantul. Berdiri pada tanggal 24 Oktober 2017 dan diketuai oleh Bambang Nugroho SH.  

Kegiatan yang telah dilaksanakan paguyuban ini antara lain adalah adanya kerjasama dengan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bantul. Kerjasama yang dilakukan antara lain ikut serta dalam workshop-workshop terkait sastra jawa, yaitu workshop Basa Jawa, latihan penulisan geguritan, penerbitan dua buku antologi Gurit (Bantul Sak Jroning Gurit (2019) dan Antologi geguritan (Memetri Pekerti)) serta cerkak (Mangasah Manah). Selain workshop, juga Ikut serta dalam kegiatan Sastrawan Masuk Sekolah tahun 2020.

Pada Kegiatan kali ini, acara ulang tahun ke-3 sekaligus peluncuran dua antologi. Kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala Dinas Kebudayan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul dilanjutkan dengan potong tumpeng oleh Ardhini Pangastuti, seorang tokoh Sastra Jawa di DIY.

Setelah potong tumpeng, dilanjutkan penyerahan antologi Geguritan Memetri pekerti dan antologi cerkak Mangsah Manah. Pada kesempatan itu Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bantul membacakan sebuah Gurit.

Kegiatan ini dilaksanakan dengen mengutamakan protokol Kesehatan, yaitu dengan wajib memakai masker, hand sanitizer dan jaga jarak. Kegiatan dibagi dua shift.