Berita

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul Gelar Sarasehan Himpunan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Rabu Wage, 30 September 2020 13:44 WIB 72

foto

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul, Rabu (30/9) menyelenggarakan sarasehan bagi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Acara ini dilaksanakan di Parangkusumo Ballroom, Hotel Ros In, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Maksud diselenggarakan acara sarasehan ini adalah sebagai sebuah upaya sebagai sebuah upaya pembinaan dari Pemerintah Daerah terhadap penghayat kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa di wilayah kabupaten Bantul. Seperti yang diketahui bersama Penghayat Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa telah diakui negara melalui Undang-Undang Dasar 1945, Undang-undang No 23 Tahun 2006 juncto UU no 24 Tahun 2013 dan diperkuat dengan Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 97/PUU-XIV/2016.

Sarasehan dibuka dan diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Budi Sardjono, ST, M.Ling. Hadir tiga narasumber dalam kegiatan kali ini, yaitu Ahmad Ali Fikri Pandela SH MH dari Kejaksaan Negeri Bantul mengambil tema “sejarah Hukum Penghayat Kepercayaan di Indonesia” narasumber kedua dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta dengan narasumber Dwi Ratna Nurhajarini, menyampaikan materi “Strategi Kebudayaan dan Eksistensi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa”, dan diakhiri dengan narasumber ketiga dari Majelis Luhur Kepercayaan Indonesai (MLKI) dengan menghadirkan narasumber Hari Sujoko, SE.Ak mengambil judul “Ngruwat Pagebluk Dalam Ajaran Kejawen Melalui Sarana Seratan Winadi”.