Berita

Misi Kebudayaan : Kabupaten Bantul Menampilkan Kesenian Tari pada Acara Kenduri Seni Melayu Batam 2019

Ahad Wage, 15 Desember 2019 15:52 WIB 385

foto

Dalam rangka misi kebudayaan dalam acara Kenduri Seni Melayu Batam tahun 2019 pada tanggal 11-13 Desember 2019  di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Dinas kebudayaan Bantul menampilkan kesenian tari yang berjudul Dewi Sri Hangrekso Bumi yang bercerita tentang Dewi Sri yang merupakan simbol Dewi Kesuburan. 

Singkat cerita, berawal dari Prabu Pulaswa menginginkan Dewi Sri untuk menjadi pendamping hidupnya, maka diutuslah patihnya untuk mencari keberadaan Dewi Sri. Kemudian datang seorang raksasa yang menakut-nakuti warga desa yang disana merupakan tempat tinggal Dewi Sri. Dewi Sri kemudian datang untuk melerai, namun berakibat terjadinya peperangan yang mengalahkan Dewi Sri. Tidak lama kemudian datanglah Sri Sadana, adik dari Dewi Sri yang membantunya dan mengusir raksasa-raksasa yang sudah memporak porandakan desa mereka.

Kemudian Prabu Pulaswa marah terhadap patihnya karena tidak dapat membawa Dewi Sri kepada Prabu Pulaswa. Kemudian Prabu Pulaswa membuat siasat dengan mengutus para bala raksasa untuk menyerang pedesaan dimana Dewi Sri dan Sri Sadana barada. Terjadilah perang, dengan kesaktian masing-masing, Prabu Pulaswa berubah menjadi Naga dan Sri Sadana berubah menjadi Burung yang kemudian perang dimenangkan oleh Sri Sadana.

Acara ini diikuti oleh 8 negara lain yang menampilkan pentas kebudayaan masing-masing. Kedelapan negara itu antara lain Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar, Tiongkok, dan India.