Berita

SOSIALISASI PENGELOLAAN MUSEUM

Jumat Pon, 2 Juni 2017 08:51 WIB 245

foto

Kamis, 31 Mei 2017 Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul menyelenggarakan Sosialisasi Pengelolaan Museum. Acara ini dilaksanakan di Homestay Kusuma Jl, Parangtritis Sewon. Sosialisasi ini dihadiri oleh guru-guru sejarah SMP se Kabupaten Bantul. Bertindak sebagai narasumber adalah Sunarto SH,MM (Kadin Kebudayaan Bantul), Prof.Dr. Suratman WS, M.Sc (Ketua Barasmus), dan Dr. Joko Dwiyanto, MA (Fak. Arkeologi UGM).

Sunarto, SH, MM memaparkan keberadaan museum di Kabupaten Bantul yang berjumlah 12. Museum-museum itu adalah Geospasial Parangtritis, Tani Jawa Indonesia Kebonagung Imogiri, Batik Ciptowening Imogiri, Tembi Rumah Budaya Sewon, Sejarah Purbakala Plered, Wayang Kekayon Banguntapan, Soeharto Argomulyo Sedayu, Tino Sidin Ngestiharjo Kasihan, Rumah Garuda Panggungharjo Sewon, Dirgantara Mandala TNI AU, Sumber Karahayon Banguntapan, dan Jaman Belanda Ngringinan Palbapang Bantul. Beliau juga mengharapkan masing-masing sekolah mengadakan kunjungan ke museum yang ada di Bantul. Kegiatan ini bisa meminta bantuan ke Dinas Kebudayaan Pemda DIY khusunya masalah angkutannya.

Dr. Joko Dwiyanto, MA mengungkapkan pentingnya keberadaan museum sebagai tempat belajar banyak hal. Juga nmengungkapkan prasyarat untuk bisa mendirikan sebuah museum. Salah satu yang pokok adalah adanya kurator atau orang yang mengetahui seluk beluk museum dengan segala isibya.     


Dinas Kebudayaan

igdisbud

fbdisbud

twdisbud

Pengunjung
  • Pengunjung: 63926
  • Online: 39
  • Hari ini: 62