Berita

DALANG ANAK DAN MUDA UNJUK KEBOLEHAN

Kamis Pon, 3 Mei 2018 09:52 WIB 188

foto

8 dalang anak dan 8 dalang muda se Kabupaten Bantul unjuk kebolehan memamerkan kemampuan memainkan wayang kulit. Kemampuan ini mereka tunjukkan dalam Festival Dalang Anak dan Muda 2018 Kabupaten Bantul. Direncanakan akan tampil 10 dalang anak dan 10 dalang muda pada festival tahun ini. tetapi saat hari pentas masing-masing kategori mundur 2 orang karena sakit. Dengan piawai mereka memainkan wayang kulit untuk memikat dewan juri. Masing-masing dalang diberi waktu 25 menit untuk unuk kemampuan.

Festival Dalang Anak dan Muda 2018 Kabupaten Bantul ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Bantul kerja bareng dengan Persatuan Pedalangan Indonesia ( Pepadi ) Kab. Bantul. Festival ini diselenggarakan pada Sabtu-Minggu, 28-29 April 2018 di Kampoeng Mataraman, Panggungharjo, Sewon. Festival ini dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan kecintaan pada wayang kulit khususnya pada generasi muda dan memberi kesempatan pada dalang anak dan muda untuk mengembangkan kreatifitasnya. 5 orang anggota dewan juri yaitu Ki Aneng Kiswantara, M Sn, Ki Gunawan, Ki Mas Cermo Gundolo, Ki Margiyono, dan Ki Bambang Sri Lungit dilibatkan untuk menilai kemampuan para dalang cilik dan muda. Setelah melewati diskusi, dewan juri memutuskan hasil sbb :

Kategori Dalang Anak :

Juara I          : Raka Wresni Wira Aji

Juara II         : Wisnu Pamungkas

Juara III        : Ragil Jalu Pangestu

Harapan I     : Satria Mahawira Purnama Aji

Harapan II    : Angger Raka Putra Sadewa

Harapan III   : Gati Pamungkas

 

Kategori Dalang Muda :

Juara I          : Fari Aldaffar

Juara II         : Kusuma Galih Setiaji

Juara III        : Sumantri

Harapan I     : Galih Ari Prabowo

Harapan II    : Prastowo

Harapan III   : Damar Suhodo

 

Mereka yang menjadi juara I akan dikirim mewakili Kabupaten Bantul untuk mengikuti Festival Dalang Anak dan Muda Tingkat Pemerintah Daerah DIY pada Bulan Juli. 


Dinas Kebudayaan

igdisbud

fbdisbud

twdisbud

Pengunjung
  • Pengunjung: 63998
  • Online: 18
  • Hari ini: 134