Berita

MERTI DUSUN PANCURAN,TERONG,DLINGO

Senin Wage, 9 April 2018 11:32 WIB 142

foto

Pancuran adalah sebuah dusun yang terletak di Desa Terong Kecamatan Dlingo, Bantul. Menurut nenek moyang nama pancuran dipakai sebagai nama dusun karena dahulu kala di daerah tersebut ada sumber mata air yang selalu mengalir meski di musim kemarau. Sumber ini dipakai untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih masyarakat setempat. 

Dusun Pancuran sampai saat ini masih berupaya untuk nguri-uri budaya Jawa yang ada sejak jaman dulu. Budaya yang tetap dilaksanakan adalah rosulan atau bersih desa. Bersih desa ini dilaksanakan setahun sekali setelah panen sebagai ungkapan syukur atas rejeki yang telah diterima. Juga untuk permohonan rejeki yang akan datang. Selain itu kegiatan bersih dusun ini juga sebagai ajang silaturahim dan mempererat warga. Kegitan Merti Dusun Pancuran akan dimeriahkan dengan kirab budaya, kenduri agung, dan tampilan kesenian. 

Rangkaian kegiatan merti dusun akan dimulai Sabtu 14 April 2018 dengan pentas ketoprak mulai jam 20.00 . Puncak acara akan dilaksanakan pada Minggu, 15 April 2018   mulai jam 09.00 dengan kirab budaya dan kenduri. Seluruh rangkaian kegiatan ini dilaksnakan di Pendopo Padukuhan. Esok harinya dilaksanakan pentas tayup di Sendang Sumur/Pepunden. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi panitia di 0877 3852 1202.


Dinas Kebudayaan

igdisbud

fbdisbud

twdisbud

Pengunjung
  • Pengunjung: 69643
  • Online: 12
  • Hari ini: 101